Pengertian komunikasi massa
• Suatu proses komunikasi yang tergolong
yang dimediasi oleh media massa, dimana produk2 informasi diciptakan
dan didistribusikan oleh suatu organisasi komunikasi massa untuk dikonsumsi
oleh khalayak (RUBEN,1992)
Fungsi Komunikasi Massa
- · Pengawasan
- · Korelasi
- · Transmisi Budaya: Sosialisasi dan Edukasi
- · Hiburan
- · Kontak social dan perasaan masyarakat
- · Penentraman hati dan konfirmasi
Model-Model Komunikasi Massa:
- · Model PIC (Ruben 1992)
- · Model JArum Suntik
- · Model 2 tahap
- · Model 1 Tahap
- · Model Banyak tahap
Contoh peristiwa komunikasi antar budaya dalam kehidupan
sehari-hari:
Orang yang berasal dari luar Sunda ketika berada di Bogor
pertama kali, ia akan mencoba mempelajari kata-kata penting untuk basa-basi
dalam bahasa Sunda.
41. Perkembangan
Teknologi KOmunikasi
Pengaruh teknologi komunikasi terhadap kehidupan manusi
terjadi begitu hebat. HP sudah menjangkau pelosok negeri. Televisi telah
mengubah pola hidup. Media massasejak tahun 2005 berkembang pesat. Sudah ada
580 penerbit media cetak, 1200 stasiun radio resmi, 100 stasiun televise
termasuk lokal. Selain itu, computer dan internet juga turut mempengaruhi wajah
dunia. Banyak kegiatan yang sekarang
bergantung pada computer dan internet. Internet telah menjadi wadah konvergensi
semua teknologi informasi.
43. Perkembangan komunikasi pembangunan.
Di Indonesia, komunikasi pembangunan berjalan sesuai dengan
perkembangan pendekatan pembangunan yang dipakai. Ketika pemerintah Indonesia
melakukan pembangunan yang sentralistik, maka pendekatan pembangunan yang
dipakai bersifat top down sehingga
komunikasi pembangunan bertugas membujuk masyarakat untuk mengikuti pemerintah.
Sekarang ini, pembangunan di Indonesia menggunakan
pendekatan partisipasi seluruh warga dalam proses pembangunan sehingga pada
saat ini proses komunikasi memegang peranan penting agar proses komunikasi
partisipasi terwujud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar