Cari Blog Ini

Selasa, 18 Desember 2012

komunikasi massa


Pengertian komunikasi massa
       Suatu proses komunikasi yang tergolong yang dimediasi oleh media massa, dimana produk2 informasi diciptakan dan didistribusikan oleh suatu organisasi komunikasi massa untuk dikonsumsi oleh khalayak  (RUBEN,1992)

Fungsi Komunikasi Massa
  1. ·         Pengawasan
  2. ·         Korelasi
  3. ·         Transmisi Budaya: Sosialisasi dan Edukasi
  4. ·         Hiburan
  5. ·         Kontak social dan perasaan masyarakat
  6. ·         Penentraman hati dan konfirmasi

Model-Model Komunikasi Massa:
  1. ·         Model PIC (Ruben 1992)
  2. ·         Model JArum Suntik
  3. ·         Model 2 tahap
  4. ·         Model 1 Tahap
  5. ·         Model Banyak tahap

Contoh peristiwa komunikasi antar budaya dalam kehidupan sehari-hari:
Orang yang berasal dari luar Sunda ketika berada di Bogor pertama kali, ia akan mencoba mempelajari kata-kata penting untuk basa-basi dalam bahasa Sunda.

41.  Perkembangan Teknologi KOmunikasi
Pengaruh teknologi komunikasi terhadap kehidupan manusi terjadi begitu hebat. HP sudah menjangkau pelosok negeri. Televisi telah mengubah pola hidup. Media massasejak tahun 2005 berkembang pesat. Sudah ada 580 penerbit media cetak, 1200 stasiun radio resmi, 100 stasiun televise termasuk lokal. Selain itu, computer dan internet juga turut mempengaruhi wajah dunia. Banyak  kegiatan yang sekarang bergantung pada computer dan internet. Internet telah menjadi wadah konvergensi semua teknologi informasi.

43. Perkembangan komunikasi pembangunan.
Di Indonesia, komunikasi pembangunan berjalan sesuai dengan perkembangan pendekatan pembangunan yang dipakai. Ketika pemerintah Indonesia melakukan pembangunan yang sentralistik, maka pendekatan pembangunan yang dipakai  bersifat top down sehingga komunikasi pembangunan bertugas membujuk masyarakat untuk mengikuti pemerintah.
Sekarang ini, pembangunan di Indonesia menggunakan pendekatan partisipasi seluruh warga dalam proses pembangunan sehingga pada saat ini proses komunikasi memegang peranan penting agar proses komunikasi partisipasi terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar